Foto Macro dengan Ponsel Android

Dulu saya penasaran bagaimana rasanya mengambil objek foto serangga atau bunga untuk membuat foto macro, saya pikir harus pakai camera DSLR yang harganya relatif mahal.

Suatu hari istri saya membelikan lensa macro untuk ponsel android, harganya cukup murah, saat itu mungkin sekitar 100 ribu. Saya coba beberapa kali mengambil foto menggunakan lensa macro dan ponsel Android ternyata hasilnya lumayan.

Sumber Foto

Tantangan menggunakan ponsel Android dan lensa macro adalah agar objek bisa fokus, saat mengambil objek harus dengan jarak yang sangat dekat dengan camera yaitu antara 1 cm sampai 5 cm. Untuk mengambil objek hidup seperti serangga tentu harus sabar, karena jika tangan sedikit bergerak maka serangga bisa buru-buru terbang.

Berikut contoh foto macro pakai ponsel Android Samsung GT-S5570 (Galaxy Mini) dan Universal Clip Lens yang saya upload ke Instagram. Di Instagram saya paling sering pakai filter: Sutro, sedangkan untuk foto macro di Instagram saya biasa pakai filter Lofi:

Komentar

Postingan Populer