Sandal Nabi Muhammad SAW

Ada salah satu bait dari sholawat kubro yang berbunyi ألف ألف صلاة وألف ألف سلام عليك يا صاحب النعلين (Alfu Alfi Sholaatin Wa Alfu Alfi Salaamin ‘Alaika Yaa Shoohiban-Na’laiin) Sejuta sholawat dan sejuta salam untukmu wahai (Nabi Muhammad SAW) yang memiliki dua sandal

Saya bertanya, apa istimewanya Sandal Nabi Muhammad SAW sehingga disebut dalam satu baik Sholawat Kubro? ternyata ada kisah yang di abadikan dalam Al Quran tentang dialog Allah SWT dengan Nabi Musa:

"Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua sandalmu; sesungguhnya kamu berada dilembah yang suci, Thuwa" (QS. Thahaa 12)

Ayat Quran tersebut menjadi istimewa ketika kita ingat tentang kisah Isra' Miraj, saat dimana Nabi Muhammad SAW bertemu langsung di hadapan Allah SWT melewati Muntahal khalai’iq (batas akhir semua makhluk), tak ada satupun mahluk yang bisa memasuki Sidratul Muntaha atau Muntahal khalai’iq, bahkan Malaikat Jibril as. pun hanya berhenti mengantar sampai di luar, di sana hanya Allah SWT dan Rasulullah SAW bertemu berdua berhadapan, saat itu Allah SWT tidak memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk melepaskan kedua sandalnya.

Betapa mulianya sandal Nabi Muhammad SAW hingga ikut menyaksikan Allah SWT, ini adalah simbol bahwa Allah SWT tidak ingin melepaskan semua yang terikat dengan Rasulullah SAW, kalau sandal yang terikat dengan jasad Rasulullah SAW menjadi mulia, apalagi jika hati kita selalu terikat pada Nabi Muhammad SAW.

Maka setelah googling dengan keyword: nalayn, blessed sandal, sandal prophet, sandal rasul. kita temukan simbol sandal Rasul SAW banyak dipakai oleh para pecinta Nabi Muhammad SAW.

Komentar

  1. Kalau begitu sebenarnya nggak hanya Sandal mas.. Rosulullah saat itu juga memakai Pakaian... kenapa nggak ada yang mencoba mengangkat yang berkaitan dengan Pakaian? atau Mungkin adakah Riwayat Rosulullah saat itu make Peci atau Surban.. nah kalau ada kenapa hal itu juga nggak diangkat sebagai materi? :)

    *cuma nanya* ;)

    BalasHapus
  2. sandal itu simbol paling fungsi paling rendah tapi tetap bisa bermakna istimewa. konon nabi Idris AS sdh masuk surga surga akibat ketinggalan sandal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer