Di Balik Ngobrol Bareng Monohero

Jadi begini, istri saya punya channel youtube bernama "Dyah Eka Larasati", sudah lebih dari 100 episode. Sejak awal isinya random, tentang kegiatan sehari-hari, aktifitas di sekolah, di kampus, sampai jalan-jalan bersama keluarga. Sampai di episode 100 tidak sengaja membuat konten berjudul "Ngobrol Bareng". 

Episode "Ngobrol Bareng" sepertinya menarik, dengan mengambil segmen musisi di Kota Malang. Awalnya ngobrol Bareng Samack, berlanjut Iksan Skuter, PLAT-N, Dani Shoepolish, Kidnep Flanella, Gigih Praseta Goodboy Jimmy.

Sejak membuat konten "ngobrol bareng" saya coba menghubungi via inbox ke beberapa teman-teman musisi di malang yang pernah kontak, ada beberapa yang menyambut, salah satunya adalah MONOHERO.

Awalnya saya menghubungi Mas Wafy, beliau meminta kita ketemu dan ngobrol santai dulu sebelum bikin konten vlog-nya. Pertama bertemu beliau, pertanyaannya adalah "Mas nanti pertanyaannya apa aja?" saya coba jelaskan yang ringan-ringan aja mas, mengalir. Sampai saya pamit beliau tanya lagi "Mas nanti pertanyaannya apa aja?'

Esoknya saya coba kepo-kepo monohero di internet dan menemukan ini
Wafy, sepertiga dan pengendali utama Monohero bercerita tentang Omen, “Dia orang yang tertutup, dia jarang curhat, dia jarang bercerita. Aku cuma ngajak; kalo kamu gak bisa curhat secara langsung, ya nyanyi aja. Gak jarang juga dia marah-marah saat nyanyi, dan kadang bisa nangis juga selesei nyanyi.”
Wah dari situ saya membayangkan kalau anak-anak Monohero ini pendiam hehe, dan saya faham sepertinya saya perlu buat reng-rengan pertanyaan berupa text buat saya kirim via WA, dan berikut ini adalah pertanyaan dan deskripsinya:

Pertanyaan:

  1. Pembuka (pengantar)
  2. Perkenalan singkat masing-masing personil
  3. Mengapa menggunakan nama MONOHERO?
  4. Monohero berdiri sejak?
  5. Sudah merilis berapa EP / single?
  6. Cerita awal masing-masing personil bertemu?
  7. Mengapa konsisten memilih genre ini (psychedelic ambient)?
  8. Mengapa menggunakan visual Mandala?
  9. Pesan yang ingin disampaikan di lagu-lagu Monohero?
  10. 2 Lagu pilihan monohero?
  11. Cerita dibalik "Jiwa Bahagia" feat. Tani Maju?
  12. selalu merekam di studio sendiri?
  13. pengalaman tour di mana saja?
  14. pengalaman paling berkesan live dimana?
  15. lebih suka live di outdoor / indoor? alasannya
  16. Arti "KAMI SUKA TURBO" di laptop Monohero?
  17. Apa arti musik bagi Monohero?
  18. pandangan monohero tentang musik di Kota Malang
  19. Pesan monohero buat musisi di Malang
  20. Penutup (salam)

Pertanyaan bersifat fleksibel, spontan
bisa berubah, bertambah atau berkurang

Sebelumnya Mohon izin untuk menggunakan
video Monohero di youtube
(mungkin video Monohero saat live)
untuk dijadikan intro (1 menit) dan outro (1 menit)

Tools:
HP Xiaomi Redmi 6
(tanpa tripod tanpa mic external)

Setting video kamera:
FHD 1080p, 30fps

Teknik:
Diusahakan one shot one take
biar lebih natural dan mudah editnya :)

Jarak kamera:
Close Up atau Medium Close Up
biar audio dan visual lebih maksimal

Episode sebelumnya:
Ngobrol Bareng Gigi Praseta, Good Boy Jimmy, 35 menit
https://www.youtube.com/watch?v=KlpSth1tR8Q

Ngobrol Bareng Kidnep Flanella, 27 menit
https://www.youtube.com/watch?v=qLAayNj_cfk

Ngobrol Bareng Dani Shoepolish, 6 menit
https://www.youtube.com/watch?v=-2KIOodvOAI

Ngobrol Bareng PLAT-N, 48 menit
https://www.youtube.com/watch?v=iVdBPztuVEc

Ngobrol Bareng Iksan Skuter, 33 menit
https://www.youtube.com/watch?v=OJ_H-bVHOP8

Ngobrol Bareng Samack, 5 menit
https://www.youtube.com/watch?v=LDbnjd5hdDk

Dan berikut hasil video ngobrol bareng Monohero. Ini adalah konten vlog ngobrol bareng dengan durasi terlama karena sampai 1 jam. Dan tentu saja pertanyaan yang saya buat realitanya tidak sama persis dengan pertanyaan-pertanyaan waktu merekam.

Karena tentu saja berbeda, saya yang buat reng-rengan pertanyaan. tapi waktu merekam vlog, Istri saya yang bikin pertanyaan secara spontan hehe

Terimakasih Monohero, Arkamaya Images dan Audionails Studio 🙏

Komentar

Postingan Populer